2011/04/29

Aplikasi Motor Stepper Half Step

    Motor Stepper sebenarnya termasuk dalam motor dc, namun pergerakannya diatur berdasarkan pulsa clock tertentu. Motor stepper dibagi dalam dua jenis, yaitu motor stepper langkah penuh dan motor stepper paruh langkah. Perbedaan antara motor stepper langkah penuh dan paruh langkap dapat diamati dalam pemberian pulsa clock nya, berikut tabel nilai clock pada motor stepper full step:


Sedangkan pulsa clock pada motor stepper paruh langkah:



Dari tabel dan gambar putaran motor stepper di atas dapat diamati perbedaan antara motor stepper paruh langkah dan langkah penuh. Dari bahasan inilah saya akan membahas inovasi dari penggunaan motor stepper half step. Menurut saya, motor stepper paruh langkah selain digunakan untuk pergerakan robot, dapat juga digunakan untuk pergerakkan kamera pengintai. Kamera akan bergerak memutar sebesar 3600. Pergerakannya dilakukan oleh motor stepper paruh langkah sehingga gerakan lebih halus saat memutar. Kamera yang digerakkan oleh motor half step akan bergerak berputar mengikuti objek yang terdeteksi. Objek ini disensor dulu oleh sensor photodiode, dari sensor sinyal dikirim ke mikrokontroler untuk diolah. Dari mikrokontroler dihasilkan keputusan untuk melakukan tindakan pada aktuator berdasar sinyal analog. Aktuator ini adalah motor stepper yang menggerakkan kamera.
            Kamera pengintai ini dapat digunakan sebagai kamera anti pencuri, khususnya disaat malam hari. Dari pergerakan kamera dapat diamati bahwa pencuri bergerak kemana sehingga dapat dilakukan analisa lagi berupa penyensoran. Jika pencuri bergerak menuju ruangan rumah lebih dalam maka output keluaran sensor lain misalnya lampu berkedip dan juga alarm menyala, namun jika pencuri bergerak menjauhi ruangan atau keluar dari rumah alarm tidak berebunyi. Sebaiknya sistem keamanan ini dilakukan pada malam hari saja. Karena pada siang hari kemungkinan ada bnyak orang yang terdeteksi oleh kamera dari sistem keamanan ini.


3 komentar:

Unknown mengatakan...

oalah..

vara mengatakan...

knpa bi?maklum saya masih tahap belajar..jadi agak ngarang..hehehe

Anonim mengatakan...

Jihhh,,, yang bener lah

Posting Komentar

The Most Popular Posting