2011/05/10

Program Suhu Port Serial dengan Visual Basic

Setelah sekian lama tidak update posting, akhirnya kali ini saya mengumpulkan segenap niat untuk memposting tugas antarmuka yang diberikan dosen saya. Yah, walaupun mungkin secara teknis tidak sesuai dengan yang diinginkan Pak Dosen. Tapi yang penting kan sudah berusaha..hehe :membela diri: 
Tugas yang diberikan adalah tugas mengenai program suhu dengan visual basic. Program suhu ini bukan sekedar program pengkonversi suhu, melainkan program penampil suhu dari suatu sensor yang dibuat dengan simulasi port serial :karena hanya sebagai simulasi: . Program simulasi Port Serial dari Pak Dosen:


Sebenarnya program yang diminta dari pak dosen adalah program suhu yang dapat menampilkan suhu setiap timing yang disesuaikan dan dengan nilai set point yang sudah diatur. Berikut adalah tampilan GUI dari program yang diinginkan dari pak dosen :

Dapat dilihat komponen-komponen yang ada pada GUI nya. Ada enam komponen, yaitu combo box untukmemilih jenis COM Port yang digunakan untuk berkomunikasi serial, Command sebagai button untuk memberi perintah seperti perintah membuka COM untuk memulai program dan perintah menutup COM untuk mengakhiri program, Label sebagai penampil suhu Set Point dan penampil suhu yang terbaca oleh sensor, ScrollBar sebagai penentu Set Point suhu, Ms Comm Port sebagai komponen komnikasi serial, dan Timer sebagai pewaktu tampilnya nilai suhu yang akan dibaca.
Isi programnya saya belum begitu paham,mungkin akan diposting di lain waktu, namun secara GUI dapat dilogikakan seperti penjelasan saya di atas. Cara kerja dari program ini,yaitu kita pilih COM pada ListBox misalnya COM 6, lalu Klik Buka COM maka program terhubung dengan program simulasi komunikasi serial, setelah terhubung Timer akan bekerja sesuai dengan waktu yang ditentukan misalnya setiap dua detik suhu akan terbaca, nilai suhu ini akan ditampilkan pada label suhu yang berwarna merah. Untuk menetukan nilai Set point kita dapat menentukannya dengan menggeser nilai pada ScrollBar, nilai Set Point akan ditampilkan pada label suhu yang berwarna putih. Jika Suhu yang terbaca melebihi nilai SetPoint, maka Label suhu penampil suhu dari sensor akan berubah warna. 

Program Suhu yang kelompok saya buat memang tidak sesuai dengan keinginan pak dosen seperti tampilan GUI diatas, tapi logikanya ya mirip-mirip lah..hehe :membela diri lagi:
Tampilan GUI diatas merupakan tampilan program kelompok saya, komponen yang digunakan hampir sama,namun program yang saya buat menggunakan perintah penampil suhu sehingga kita harus memberikan perintah "SH" untuk menampilkan suhu pada Text Nilai Suhu. Set Point nya juga tidak dapat ditentukan secara langsung lewat GUI, namun harus diisi pada program. Jika suhu melebihi SetPoint maka lingkaran berwarna Pink akan muncul, jika suhu tidak melebihi maka lingkaran tidak akan muncul. Sehingga program yang saya buat tidak menggunakan Timer dan ScrollBar . Isi Program dari tampilan GUI tersebut, yaitu :

Dim Buffer As Variant

Private Sub buka_Click()
On Error GoTo salah
MSComm1.CommPort = Combo1.ListIndex + 1
MSComm1.Settings = "9600,N,8,1"
MSComm1.InputLen = 0
MSComm1.PortOpen = True
tutup.Enabled = True
buka.Enabled = False
Shpgo.Visible = False
Exit Sub
salah:
MsgBox "Ada yang salah di COM" & Combo1.ListIndex + 1, vbOKOnly, "Peringatan!"
End Sub

Private Sub Form_Load()
Dim i As Byte
For i = 1 To 16
Combo1.AddItem (i)
Next i
tutup.Enabled = False
prnth = "Perintahnya?"
Shpgo.Visible = False
End Sub

Private Sub kirim_Click()
Dim pj As Byte
On Error GoTo salah
MSComm1.Output = prnth.Text & vbCr
'MSComm1.Output = prnth.Text
Buffer = ""
Do
DoEvents
Buffer = Buffer & MSComm1.Input
'Loop Until InStr(buffer, vbCrLf)
Loop Until InStr(Buffer, vbCr)
pj = Len(Buffer)
'MsgBox pj
shu.Text = Mid(Buffer, 1, pj - 2)
If Val(shu) > 30 Then
Shpgo.Visible = True
Else
Val (shu) < 30
Shpgo.Visible = False
End If
Exit Sub
salah:
MsgBox "Ada kesalahan kirim data", vbOKOnly, "Peringatan"
End Sub

Private Sub tutup_Click()
On Error GoTo salah
MSComm1.PortOpen = False
tutup.Enabled = False
buka.Enabled = True
Shpgo.Visible = False
Exit Sub
salah:
MsgBox "Tidak bisa menutup COM", vbOKOnly, "Peringatan!"
End Sub

Dari listing program tersebut dapat kita lihat logika untuk pemberian nilai Set Point terdapat pada bagian sub listing button Kirim. Untuk merubah nilai Set Point maka kita dapat mengganti nilai pada text suhu sesuai dengan nilai yang diinginkan.
Baiklah cukup dulu untuk postingan kali ini, mungkin lain waktu saya akan kembali membahas program ini, tentunya program yang sesuai dengan keinginan Pak Dosen.
Untuk mempelajari lebih dalam mengenai program simulasi komunikasi serial yang dibuat Dosen saya, Anda dapat mengunjungi LINK ini.

5 komentar:

Pase evi mengatakan...

hmm ribet banget.
Kak ada software protel kga?

vara mengatakan...

hehe,ga juga ko..ini masih basic banget
wah aku ga punya tuh,aku pake nya Eagle,kalo kamu mau ntar aku upload

vara mengatakan...

http://muhal.wordpress.com/2010/10/28/materi-gambar-teknik-dengan-protel/ ini blog buat donlot protel,smoga membantu :)

bumec mengatakan...

bisa minta file vb yg lengkapnya gak???
satuin aja dalam rar...

thanks before

Lendra mengatakan...

Wow

Posting Komentar

The Most Popular Posting